Sabtu, 08 Agustus 2009

BELAJAR DARI IKAN SAPU-SAPU

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Sahabat, mudah-mudahan kisah ini menjadi suatu yg baik untuk menambah rasa Syukur kita kepada Allah yg Maha Pengasih dan Penyayang.

Selamat Membaca....!!!

Belajar dari Ikan Sapu-sapu

Satu minggu ini ikan sapu-sapu ”Ahmad” Mati. Sejak saat dia meninggalkan akuariumnya, baru tiga hari saja tidak dibersihkan, lumut pasti akan bermunuculan di akuarium kesayangannya.

Ahmad tidak ada waktu untuk membersihkan lumut-lumut itu dan juga tidak ada waktu untuk membeli ikan sapu-sapu yang baru.

Suatu hari Ahmad mendapati lumut sudah memenuhi kaca bagian dalam akuariumnya, Ahmad berpikir, ini tidak bisa dibiarkan. Keindahan ikan-ikan mas kokinya akan tersembunyi jika lumut-lumut itu kurelakan tumbuh dengan sehatnya menemani mereka, ikan sapu-sapu bisa menjadi solusi untuk membantu membersihkan lumut- lumut itu.

Di sela-sela sempitnya waktu, sepulang kerja, Ahmad meluangkan waktu untuk mampir ke toko ikan dekat rumahnya. Ahmad berkeliling mencari ikan hitam yang tidak menarik dan berkulit kasar itu. Akhirnya dia temukan satu ikan sapu-sapu yang tidak begitu suram kulitnya, walaupun tetap tidak indah dipandang mata dan tetap saja kulitnya akan kasar.
"Berapa Pak, harganya?" tanya Ahmad pada si penjual ikan itu. "Tujuh ratus lima puluh rupiah, Pak," jawab si penjual itu. Segera Ahmad sodorkan uang dan setelah itu langsung menuju rumah.

Ikan sapu-sapu itu lalu dia cemplungkan ke dalam akuarium, dengan sigap dan bagai habis lepas dari kurungan ikan itu langsung meliuk-liuk. Dan ... betapa senangnya dia menemukan sebuah sisi kaca yang penuh dengan lumut. Ikan itu langsung menempel di kaca penuh lumut tersebut, Tidak peduli dengan ikan-ikan kokiku yang seakan sedang mengerumuni ikan sapu-sapu itu untuk berkenalan.

Keesokan harinya, saat akan berangkat ke kantor, Ahmad menyempatkan menyapa ikan-ikan kokinya. Wow..., pagi ini mereka tampak begitu indah .... Tapi bukankah memang ikan koki itu warnanya indah. Ehhh ... tapi kok lain ya? Warnanya bukan saja indah, tapi begitu bersinar.

Terus ia amati ikan-ikan kokinya dengan sirip mereka yang panjang bagaikan kain sutera yang berkibar-kibar seolah ditiup angin, saat pandangan Ahmad tertuju di pojok akuariumnya, ada seekor ikan hitam yang tidak bersinar sama sekali. Dia seolah sedang menepi dalam dunianya sendiri dan takut untuk bergabung dengan koki-koki yg indah itu.

Ahmas tersadar .... Ya, ikan-ikan kokiku terlihat begitu indah dan bersinar bukan karena ikan-ikan itu yang berubah, tetapi keadaan di sekitar merekalah yang berubah. Lumut-lumut yang membuat kaca akuariumnya buram sudah lenyap! Ya, lenyap! Kaca akuariumnya kembali bening sehingga ikan-ikan indahnya terlihat semakin indah. Ikan yang tidak menarik yang Ahmad beli kemarin dengan harga murah itu telah melahap habis lumur-lumut itu. Memang untuk itulah ikan itu ia beli, tetapi Ahmad tidak tahu akan mendapat ketakjuban yang luar biasa seperti ini.

Ahmad memandangi kembali ikan hitam yang sedang menyendiri itu, Dia yang tidak menarik itu telah membuat sesuatu yang indah untuknya pagi ini. Ikan sapu-sapu sangatlah tidak menarik, Dia tidak punya kelebihan fisik yang dapat dibanggakan. Harganya pun sangat murah. Tetapi, Allha Swt memberikan kelebihan luar biasa pada dia. Dia dapat membersihkan permukaan kaca yang begitu kotor menjadi bening kembali. Itulah yang membuat ikan sapu-sapu begitu dicari-cari oleh siapa saja yang ingin akuarium atau kolam ikannya terbebas dari lumut.

Ahmad mengingat dirinya, begitu banyak protesnya pada Allah karena merasa tidak memiliki kelebihan dari segala sisi. Allah memakai ikan kecil yg hitam legam dan tidak menarik itu untuk menyadarkannya, "Allah ciptakan dirimu bukan untuk hal yang tidak berguna, Kita ada di dunia ini karena kita sangat berarti dalam hidup ini, untuk melakukan hal-hal besar untuk kita persembahkan untuk-NYA”.

Ahmad masih terpaku di depan akuariumnya. Ahmad masih menatap ikan kecil yang tidak menarik itu, Ia seperti menatap dirinya, Hari ini Allah memberikan ia pelajaran indah dari seekor ikan hitam, berkulit kasar dan sangat tidak menarik dipandang mata. Hari ini, Allah tidak ingin Ahmad semakin tenggelam dalam pencarian arti hidupnya di dunia ini. Dalam pandangan mata Ahmad memang tidak semenarik mereka yang ada di sekelilingnya, tetapi ada hal istimewa yang Allah berikan padanya, dan Ahmad yakin itu akan jadi manfaat bagi banyak orang, karena Allah yang menganugerahkannya.

Alhamdulillah Yaa..Allah! Terima kasih ikan sapu-sapuku!

Sahabat, Orang bijak pernah berkata : ” Janganlah kita menghina (meremehkan) orang lain (sesuatu) yg lebih rendah, karena setiap orang (sesuatu) itu pasti memiliki kelebihan yg Allah Anugrahkan ”. Sahabat, jangan jangan pernah kita menatap sesuatu yg Allah ciptakan di Dunia ini dengan sebelah mata, atau meremehkannya, karena setiap sesuatu yg Allah ciptakan itu pasti memiliki daya guna (manfaat) untuk kita syukuri, coba kalau kita mau berfikir dengan sebuah rasa syukur, maka kita dapati semua pujian kepada-NYA dari semua penciptaan, hatta ”maaf” kotoran kita sendiripun (tinja) itu memiliki asas manfaat bagi pekerja penyedot TINJA, berapa banyak orng kaya, atau orang yg bisa makan hanya dengan bekerja sebagai penyedot tinja? Berapa banyak orang yg menjadi konglomerat dinegri ini yg bergantung pada seekor NYAMUK yg hidup ditempat kotor? Berapa banyak orang yg mendapatkan penghargaan hanya dengan meneliti seekor cacing yg hidup dilumpur yg kotor?

Sahabat, ingatlah ketika kita menjadi sombong dengan kelebihan yg kita miliki, kita harus bekaca dari setiap penciptaan, Ingatlah...!!! bagi Anda yg Allah Anugrahkan kulit yg putih, anda tidak akan dikatakan putih kalau tidak ada yg hitam, anda yg berharta, tidak akan dikatakan anda berharta jikalau tidak ada yg miskin, anda yg punya hidung mancung, tidak akan dikatakan anda berhidung mancung kalau tidak ada yg berhidung pesek, Anda yg berbadan tinggi,tidak akan dikatakan anda tinggi,dan begitu pula sebaliknya. jika tidak ada yg pendek, maka bersyukurlah dengan apa yg kita miliki saat ini, karena itulah yg terbaik untuk kita dari Anugrah yg Allah Swt berikan.


Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu[33]. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah[34], dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik. (Al Baqarah : 26)

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
(Ar Rahmaan : 13)

Salam LA TAHZAN (Jangan Bersedih)
Temukan kekuatan kita dalam jiwa yg tenang.....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar