Sabtu, 08 Agustus 2009

SARINGAN TIGA KALI

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Sahabat, Orng bijak pernah berkata, " Tergelincirnya kaki lebih selamat dari pada tergelincirnya Lisan/Lidah " Maka ketika kita mngeluarkan suara untuk berkata-kata, pastikan kata-kata itu tidak menyakitkan dan meninggalkan luka orng yg mendengar. Sahabat, Lisan memang daging yg tak bertulang, tetapi lisan itu bisa menembus apa yg tidak dapat ditembus oleh jarum, maka apabila pedang lukai tubuh masihkan ada harapan sembuh, apabila lisan lukai hati kemana obat hedak dicari.

Sahabat, Kami mohon maaf jika kisah ini kurang berkenan, semoga menjadi suatu hal yg baik untuk kita renungi.

Selamat Menbaca......!!!

SARINGAN TIGA KALI

Suatu hari seorang pria berjumpa dengan Seorang yg bijaksana dan berkata, "Tahukah anda apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman anda?"

"Tunggu sebentar," jawab Orang Bijak." Sebelum memberitahukan saya sesuatu, saya ingin anda melewati sebuah ujian kecil. Ujian tersebut dinamakan UJIAN SARINGAN TIGA KALI."

"Saringan tiga kali?" tanya pria tersebut. "Betul," lanjut Sang Bijak

"Sebelum anda mengatakan kepada saya mengenai teman saya, mungkin merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan menyaring apa yang akan anda katakan. Itulah kenapa saya sebut sebagai Ujian Saringan Tiga Kali.

SARINGAN yang pertama adalah :

KEBENARAN.

Sudah pastikah anda bahwa apa yang anda akan katakan kepada saya adalah benar?"

"Tidak," kata pria tersebut,"sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepada anda".

"Baiklah," kata Sang Bijak." Jadi anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak. Sekarang mari kita coba SARINGAN yg kedua yaitu :

KEBAIKAN.

Apakah yang akan anda katakan kepada saya mengenai teman saya adalah sesuatu yang baik?"

"Tidak, sebaliknya, mengenai hal yang buruk".

"Jadi," lanjut Sang Bijak, " anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi anda tidak yakin kalau itu benar. Anda mungkin masih bisa lulus SARINGAN selanjutnya, yaitu:

KEGUNAAN.

Apakah apa yang anda ingin beritahukan kepada saya tentang teman saya tersebut akan berguna buat saya?"

"Tidak, sungguh tidak," jawab pria tersebut.

"Kalau begitu," simpul Sang Bijak," jika apa yang anda ingin beritahukan kepada saya… tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, kenapa ingin menceritakan kepada saya ?"

"Pria itu diam dan tertegun, ia mendapatkan pelajaran yg berharga dari sang bijak.

Sahabat, Tidak semua yg kita dengar harus kita bicarakan, Sebuah anak panah yang telah melesat dari busurnya dan membunuh jiwa yang tak bersalah tidak akan bisa kebali kebusurnya, dan kata-kata yang telah diucapkan yang menyakiti hati seseorang, tidak pernah bisa ditarik kembali. Jadi sebelum berbicara, gunakanlah Saringan Tiga Kali..! ingatlah setiap kata-kata yg terlontar dari lisan kita, itu butuh pertanggungjawaban baik sesama manusia dalam kehidupan sosial, maupun kepada Allah Swt kelak dihari penghitungan 'Amal kita.

Salam LA TAHZAN (Jangan Bersedih)
Temukan Kekuatan Kita Dalam Jiwa yg Tenang....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar